Main office: Jl. Tengku Muhammad KM.2, Batu Belah, Kec. Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau 28463 Call us 0852-1129-0621 WA 0852-1129-0621

Kegiatan Kemanusian Pencegahan COVID-19 dengan Produksi Hand Sanitizer oleh Politeknik Kampar

Penyebaran corona virus disease 2019 (COVID-19) yang merupakan pandemi semakin mengkhawatirkan. Masyarakat di seluruh dunia berlomba-lomba mencari cara agar tidak terjangkit Covid-19. Di Indonesia semakin hari jumlah penderita dan korban jiwa terus bertambah, disisi lain program sosial distanching serta lock down yang dicanangkan pemerintah sebagai upaya memutus penyebaran virus ini belum bisa menjangkau semua lapisan masyarakat.
Melihat kondisi seperti ini Politeknik Kampar tergerak mengambil langkah untuk memproduksi hand sanitizer yang merupakan cairan yang memiliki kemampuan membunuh virus sehingga diharapkan dapat memutus rantai penyebaran COVID-19. Tingginya kebutuhan pasar seiring dengan meningkatnya jumlah carrier COVID-19 menyebabkan hand sanitizer sulit ditemukan di pasaran. Kebutuhan hand sanitizer saat ini tidak bisa mengandalkan produk dari industri yang selama ini beredar selain sulit didapat juga harganya sudah melambung tinggi, sehingga diperlukan produksi tambahan oleh institusi yang memiliki kompetensi untuk menghasilkan produk sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO). Kondisi inilah yang mendorong Politeknik Kampar untuk dapat memproduksi hand sanitizer untuk memberikan manfaat kepada sesama.
Politeknik Kampar merupakan perguruan tinggi di bidang sawit yang memiliki kompetensi keilmuan dan sumber daya manusia dalam bidang teknologi formulasi memproduksi hand sanitizer sesuai standar yang dikeluarkan WHO. Hand sanitizer yang dihasilkan didistribusikan kepada pihak-pihak yang membutuhkan dalam rangka kegiatan kemanusiaan atau pengabdian kepada masyarakat. Produksi Hand sanitizer ini mulai dilakukan pada tanggal 18 maret 2020 di laboratorium teknik pengolahan sawit Politeknik Kampar, pembuatannya dilakukan oleh dosen, instruktur dan laboran serta tenaga kependidikan lainnya. Produk dibuat dalam bentuk cairan dan dikemas dalam kemasan 35 ml sebanyak lebih kurang 500 pcs. Selain untuk kegiatan kemanusiaan cairan hand sanitizer juga dibuat untuk kegiatan produksi dan di distribusikan ke kantor-kantor di wilayah bangkinang yang telah memesan terlebih dahulu. Prioritas distribusi hand sanitizer dari program ini adalah masyarakat dalam perjalanan, tempat ibadah, rumah makan, pasar dan kantor-kantor.
Pembuatan Hand Sanitizer oleh Politeknik Kampar ini merupakan langkah awal kita dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19,  sekecil apapun upaya yang dilakukan bila dilakukan secara bersama dan terus menerus, virus ini akan segera hilang dari bumi nusantara. Salam Taruna.