Main office: Jl. Tengku Muhammad KM.2, Batu Belah, Kec. Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau 28463 Call us 0852-1129-0621 WA 0852-1129-0621

Hari Jadi Ke 63 Provinsi Riau

Bangkinag, 10 Agustus 2020, Riau merupakan salah satu provinsi terbesar di pulau Sumatera dengan beragam kultur budaya khas melayu yang sangat kuat. Di provinsi ini, kekuatan sejarah dan akulturasi budaya menjadi ciri khas pembeda dengan provinsi lain. Berlokasi di tengah pulau Sumatera, Provinsi Riau kini menjadi salah satu kawasan paling strategis dengan percepatan pembangunan yang sangat baik

Ada tiga versi cerita yang dipercaya sebagai asal mula nama Riau. Menurut penuturan sastrawan Hasan Junus, versi pertama berasal dari toponomi Riau yang memiliki banyak sungai. Orang-orang Portugis pun sering menyebutnya dengan kata rio yang berarti sungai. Versi kedua adalah sebutan “riahi“ dari tokoh Sinbad Al-Bahar untuk suatu tempat di Pulau Bintan.

Sementara itu, versi ketiga menyatakan bahwa Riau berasal dari kata “rioh atau riuh“ yang artinya hiruk pikuk atau ramai orang bekerja. Konon kabarnya, pengucapan kata Riau berasal dari masyarakat setempat. Hal tersebut bermula dari pendirian negeri baru di Sungai Carang sebagai pusat kerajaan. Hulu sungai tersebut kemudian diberi nama Ulu Riau.

Pada tanggal 09 Agustus 2020 Provinsi Riau sudah Berumur 63 tahun, pada ulang tahun yang ke 63 ini Provinsi Riau Mengangkat Tema "Riau Bermarwah".

Pengangkatan tema Riau bermarwah merupakan sebuah konsep yang digunakan untuk mencapai cita-cita bersama untuk membangun Riau menjadi lebih baik. "Jadi bermarwah memberi saran bahwa Provinsi Riau memiliki martabat, kehormatan, kemuliaan dan pangkat yang tinggi," terangnya.

Untuk itu segenap civitas akademika POLITEKNIK KAMPAR mengucapkan selamat hari jadi Provinsi Riau yang ke 63 Tahun, semoga apa yang di cita citakan oleh Provinsi Riau pada ulang tahun yang ke 63 ini bisa tercapai.