Dalam pelaksanaan sistem penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Kampar, memiliki beberapa kebijakan diantaranya:

  1. Tujuan dari pelaksanaan PMB adalah mendapatkan calon mahasiswa yang sesuai dengan kualifikasi yang telah ditetapkan oleh masing-masing prodi yang ada di Politeknik Kampar.
  2. Prinsip dasar PMB Politeknik Kampar adalah transparansi, akuntabel dan obyektif sesuai kriteria kelulusan.
  3. Politeknik kampar memberikan kesempatan yang sama terhadap akses pendidikan tinggi bagi para mahasiswa baru, tanpa membeda-bedakan suku, agama, gender, ras, asal daerah dan status sosial calon mahasiswa.
  4. Politeknik Kampar menyediakan kuota bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik tetapi dari kalangan kurang mampu atau memiliki keterbatasan fisik. Calon mahasiswa baru yang mengalami cacat fisik tetap mendapatkan hak yang sama, selama tidak menghalangi kegiatan perkuliahan yang bersangkutan.
  5. Proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui panitia yang telah dibentuk, dan berkoordinasi dengan unit-unit kerja yang ada di Politeknik Kampar.
  6. Proses penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan pada semester ganjil, jumlah mahasiswa yang akan diterima disesuaikan dengan kuota yang telah ditetapkan, yang dihitung berdasarkan rasio dosen per prodi.
  7. Penetapan mahasiswa baru yang telah diterima dilakukan melalui SK Direktur Politeknik Kampar. Apabila terdapat penerimaan mahasiswa baru tidak melalui SK Direktur, status mahasiswa tersebut dinyatakan tidak sah.
  8. Hal-hal lain yang tidak diatur dalam pedoman ini akan diatur lebih lanjut melalui keputusan Direktur Politeknik Kampar.