Politkenik Kampar didirikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar (Pemkab Kampar) sebagai perwujudan visi dan misi Pemkab Kampar dalam upaya pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia.

Di saat persiapan pendiriannya pada tahun 2006, Pemerintah Kabupaten Kampar bekerja sama dengan Politeknik Manufaktur Bandung dengan beberapa kegiatan utama seperti penyusunan proposal pengajuan izin serta penyusunan kurikulum. Untuk perpanjangan tangan dalam pelaksanaan kegiatan lebih lanjut, Pemerintah Daerah Kampar membentuk Yayasan Kampar Membangun (YKM) yang kemudian berubah nama menjadi Yayasan Datuk Tabano (YDT) sebagai Badan Pengelola Politeknik Kampar.

Selanjutnya, pada tahun 2008, Politeknik Kampar mendapatkan izin operasional dari Dirjen Dikti melalui Surat Keputusan Nomor 68/D/O/2008 pada tanggal 8 April 2008, dimana Politeknik Kampar diizinkan mengelola 3 (tiga) Program studi yaitu:

  1. Prodi Teknik Pengolahan Sawit
  2. Prodi Perawatan dan Perbaikan Mesin
  3. Prodi Teknik Informatika

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kampar atas persetujuan DPRD Kampar telah menyetujui pembangunan Kampus Politeknik Kampar dengan sistem multi-years yang dituangkan dalam Peraturan Daerah No. 2 Tahun 2008 tanggal 15 Februari 2008. Politeknik Kampar dibangun diatas lahan seluas ±22 ha dimana pembangunan pertama dilaksanakan di awal 2009 dan selesai di tahun 2010 dengan total luas bangunan untuk 5 gedung adalah 13.344,63 m2. Selain pembebasan lahan dan pembangunan gedung, Pemerintah Kabupaten Kampar juga menyediakan furnitur untuk keperluan kampus seperti Air Conditioner (AC), lemari-lemari penyimpanan arsip, meja dan kursi kerja, meja dan kursi kuliah, glassboard (papan tulis dari kaca) dan peralatan kerja lainnya.

Pada tanggal 22 April 2008, telah disepakati kontrak kerjasama dengan  nomor 0910/D2.2/2008 antara Direktur Akademik Dirjen Dikti dan Pemkab Kampar melalui Ketua Satuan Pelaksana Kegiatan Pendirian Politeknik Kampar. Pada kontrak tersebut, pembiayaan pendirian Politeknik Kampar dilaksanakan dengan cara sharing budget, dimana Pemerintah Kabupaten Kampar menyediakan infrastruktur berupa penyediaan lahan dan pembangunan gedung untuk kampus Politeknik Kampar. Program hibah pendirian Politeknik Baru bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten yang diselenggarakan dari tahun 2008 hingga 2009. Program ini berlanjut pada tahun 2010 hingga 2013 yaitu Program Hibah Penguatan Pendirian Politeknik Berkerjasama dengan pemerintah kabupaten.

Pada dua program hibah tersebut, Dirjen Dikti melalui Satuan Pelaksana Program Pendirian dan Pengembangan (SP4) Politeknik memberikan dana kepada  Politeknik Kampar yang digunakan untuk melakukan pengembangan SDM bergelar dan tidak bergelar, di dalam maupun di luar negeri. Selain itu, hibah yang didapatkan juga digunakan untuk pengadaan peralatan laboratorium untuk program studi Teknik Pengolahan Sawit, Perawatan dan Perbaikan Mesin, Teknik Informatika serta peralatan ICT.