Hari ini buat modul Java

Setengah hari tadi dari jam 08.00 hingga jam 12.00 WIB mencoba mengunggah berkas file web pesanan sahabat, orang tua dari Sumatera Utara. Namun berhubung internet dikampus sedang tinggi trafiknya, sehingga tidak dapat terselesaikan proses unggahnya. karena tidak berhasil mengunggah berkas dengan baik, maka kembali membuka pekerjaan yang telah tertunda beberapa hari ini ¬†memuat modul Algoritma dan Pemrograman. Modul praktik ini disiapkan untuk tingkat 1 pada Politeknik Kampar. Dengan berusaha untuk menggunakan bahasa sedetail mungkin dengan harapan bahwa ini bisa dicerna oleh orang yang baru pertama kali megang komputer tapi walloh hu ‘alam, gusti Alloh yang tahu karena modul ini belum diuji. Jika ada dari sahabat yang tertarik untuk ikut ngintip modul ini silahkan dilihat disini.

 

Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani

Istilah ini yang disampaikan oleh Ki Hajar Dewantara beberapa puluh tahun yang lalu. Tidak bisa dipungkiri ini adalah bahasa sansekerta. Terlepas dari bahasa manakah itu, yang  jelas itu telah digunakan oleh bangsa kita dan tentu saja bangsa kita adalah bangsa INDONESIA. Apa makna dari ungkapan ini? jika para guru yang ditanya tentu hal itu menjadi mudah, karena pada simbol pendidikan selalu terpampang jelas tulisan Tutuwuri Handayani. Meskipun hingga saat ini saya secara pribadi saya masih belum tahu mengapa pada logo pendidikan hanya diambil pada bagian belakang dari ungkapan ini.

Jika dilihat secara arti dari bahasa ini,

1. Ing ngarso sung Tulodo bermakna Didepan Memberi Contoh,

2. Ing Madyo Mangun Karso Ditengah Memberi Karsa dan ada juga mengatakan bekerjasama,

3. Tutuwuri Handaya Dibelakang Memberi Semangat.

Pepatah jawa mengatakan Urip Kuwi Urup (Hidup Itu Menyala). Apa Makna dari pepatah ini, saya menafsirkan dengan bahasa pribadi “bahwa hidup harus memberi arti”. Dimanapun Kita berada pada saat kita dipercaya untuk memimpinkah, pada saat kita membaur dengan masyarakatkah, atau bahkan pada saat mungkin kita dikucilkan dari Masayarakat. Kita harus tetap memberi arti.

Semangat hidup dan semoga kita menjadi Manusia yang BERANI HIDUP dan TIDAK TAKUT MATI.

Hal yang Menyenangkan

Pernahkah terfikirkan untuk mencari hal menyenangkan apa yang selalu didambakan. Aku secara pribadi sungguh mendambakan hujan, bermain di bawah rintiknya, mendengar gunturnya terkadang ada percikan kilat menjalar terlihat jauh,,, jauh,,, disana. Karena pada saat hujan aku akan merasa kecil, dan pada saat melihat petri aku tahu aku sulit untuk membuat kekuatan sebesar kilat itu. Atau aku sanggup untuk membuat musik drum seperti Guntur.
Kamu mungkin akan berbeda pandangan denganku, jelas itu berbeda… kalau diberi pertanyaan mana yang lebih menyenangkan di beri hujan atau diberi uang????
ha..ha..ha.. ini agak sulit, tapi jujur aku sungguh merindukan hujan. Meski tidak dapat dipungkiri aku juga butuh Uang.

Tadur Tadi Malam Hampir Sulit

Ceritanya tadi malam setelah sholat Isya’ sekira jam 21.00 WIB (Waktu Indonesia Bangkinang), berencana hendak tidur. Untuk memulai ritual ini pun segala sesuatu segera disiapkan :
1. Tikar Pandan (buat kamu yang tidak tahu apa itu tikar pandan sekilas diceritakan bahwa tikar itu terbuat dari sejenis tanaman pandan yang sama sekali tidak wangi, karena itu pandan rawa ‘itu saja’);
2. Lampu di padamkan;
3. Laptop dibunuh;
4. Berwidhu';
5. Baca Al-Fatihah (Alfatihah ini adalah surah dalam Alqur’an, buat kamu yang tidak tahu silahkan dibaca ada dalam kitab Al-qur’an);
6. Baca Al-Ikhlas (ini juga merupakan surah dalam Al-qur’an);
7. Membaca Sholawat;
8. Memohonkan Ampun atas semua manusia, kaum muslimin dan muslimat, kedua Orang Tua, dan diri sendiri;
9. Pejamkan Mata;
……………….
sekira 15 menit kemudian teringat sesuatu, bahwasanya eposede (seperti inikah tulisannya) one piece (OP) minggu kemarin belum di tonton, akhirnya memutuskan untuk membatalkan tidur untuk sementara waktu. Menekan saklar lampu, dan menyalalah dia (lampu red). Kemudian memasangkan kembali charge laptop, charge hardisk, dan menekan tombol untuk menghidupkan laptop.
singkat cerita,,
laptop berhasil menyala dan hardisk selesai di muat kedalam laptop. Kemudian membuka folder yang berisi anime dan mulai menonton OP episode minggu kemarin. setelah selesai sekira 30 menit, ingin kembali mereview episode awal ketika pertama kali luffi melalukan perjalanan menjadi Bajak Laut.
dan singkat cerita lagi,,,,,,
tanpa disadari ternyata waktu sudah menunjukkan pukul 00:07 itu pun setelah diingatkan oleh kupu-kupu yang sekonyong-konyong masuk kamar tanpa permisi. Aku yakin pasti ini jenis kupu-kupu malam, setelah ngobrol dengannya sebentar aku suruh dia keluar. Ku gunakan segala daya dan upaya untuk memaksanya keluar, menggunakan sapu,kain sarung dll. Akhirnya dia tidak mau keluar. Jadi setelah aku pikir-pikir aku memutuskan untuk ketoilet, ngapain di toilet itu rahasia. setelah dari toilet bukannya tidur malah sholat wudu’ 2 rakaat dan sekira 15 menit kemudian melanjutkan menonton OP. Ini benar-benar tidak layak untuk ditiru. Tapi jika ada yang hendak meniru itu adalah hak preogratif peniru. Begitulah akhirnya ceritanya dan terakhir aku memutuskan untuk membunuh laptop dan lain-lain. Kemudian aku picingkan mata dan tertidur dalam pelukan dewi malam,
oh… malam,,,,, kenapa aku hampir sulit untuk tidur,,,, dan kenapa aku tadi malam seperti orang yang ketakutan akan kesendirian………